Jumat, 14 November 2008

MASAKAN DAGING BEBEK

BEBEK PANGGANG

Bahan:

1 ekor bebek, ketimun yang dipotong-potong tipis.
Bahan untuk mengasinkan:
2 sdm madu, 2 sdm saus kecap, 1 sdt garam, 1/2 sdt merica, 1 sdm jahe segar (sudah diparut), 1 siung bawang putih, 1 sdm saus Hoisin.

Cara membuatnya:
1. Bersihkan bebek dan buang isinya.
2. Campur seluruh bahan-bahan ke dalam panci dan beri air secukupnya, lalu rebus sambil diaduk-aduk. Setelah mendidih masukkan daging bebek.
3. Setelah bumbu meresap ke dalam daging bebek, kira-kira setengah jam. Setelah itu, masukkan daging bebek ke dalam oven bertemperatur tinggi dan panggang sekitar seperempat sampai satu jam lamanya.
4. Setelah matang, potong daging bebek sesuai selera, letakkan di piring dan beri hiasan ketimun dan potongan cabe merah.


BEBEK MASAK SANTANG

Bahan:
1/2 ekor bebek (potong-potong sedang), kentang (potong lebar dan goreng sesaat), 6 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 ruas kencur, 1 ruas kunyit, 1/2 sdt ketumbar, 1 ruas jahe, 2 lembar daun jeruk, 1 tangkai sereh dimemarkan, 1 ruas lengkuas, 1 potong asam, garam secukupnya, 2 gelas santan encer dan 1 gelas santan kental.

Cara membuatnya:
1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kencur, kunyit, ketumbar, jahe dan kemiri. Tumis hingga harum, tambahkan daun jeruk, lengkuas, asam dan garam.
2. Masukkan bebek dan santan encer. Masak hingga matang. Tambahkan santan kental dan kentang. Biarkan hingga kuah berminyak, angkat dan siap disajika


BEBEK BUMBU KECAP

Bahan:
1 ekor bebek muda, 3 siung bawang putih, 2 sdm kecap Inggris, 2 sdm kecap manis, 2 jeruk limau, garam dan vetsin secukupnya, dan minyak sayur secukupnya.

Cara membuatnya:
Bersihkan bebek dan potong-potong. Setelah bersih, goreng hingga matang. Ulek bawang putih lalu campurkan dengan kecap Inggris, kecap manis, garam dan vetsin. Susun potongan bebek yang telah matang di atas piring lalu siram dengan bumbu saus kecap dan beri perasan air jeruk. Beri hiasan ketimun dan cabe merah besar

Tidak ada komentar: